Header Ads

Manfaat Teh untuk Kecantikan

Manfaat Teh untuk Kecantikan

Manfaat Teh untuk Kecantikan
Seduhan teh merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Minuman populer yang satu ini biasa menemani kita pada pagi atau sore hari. Teh ini memiliki aroma yang menenangkan, rasa yang menyegarkan, dan kehangatannya dapat mengembalikan kebugaran. Bukan cuma sedap diseruput, teh ini juga memiliki manfaat lain yang bisa kita ambil. Salah satunya adalah untuk kecantikan.

Kesehatan kita dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitar yang notabene-nya sudah tidak aman lagi. Misalnya saja, polusi udara, paparan sinar matahari, asap r0k0k, atau mengonsumsi junk food yang dapat meningkatkan datangnya radikal bebas. Radikal bebas ini memengaruhi terjadinya proses penuaan dini sehingga harus dicegah dengan antioksidan. Nah, salah satu sumber antioksidan yang baik adalah teh sebab mengandung polifenol.

Teh selain diminum juga dapat dimanfaatkan untuk kulit. Teh hijau atau teh hitam yang mengandung antioksidan adalah baik untuk perawatan kulit. Sista dapat memakainya untuk mandi, berendam, atau pijat. Teh yang dipakai untuk pijat adalah yang berupa minyak esensial. Jenis minyak ini akan masuk ke dalam pori-pori kulit dan berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah yang akan membuat penyumbatan-penyumbatan dalam pembuluh darah menjadi terminimalisasi sehingga tubuh menjadi relaks.

Selain itu, teh dapat pula dipakai untuk keperluan mandi. Akan lebih baik lagi bila dikombinasikan dengan susu. Mandi dengan teh ini akan lebih efektif jika dilakukan dengan cara berendam. Pasalnya, zat antioksidan yang ada di dalam teh akan dapat lebih terserap oleh badan.

Sesudah mandi, akan lebih menyenangkan rasanya bila kita menghirup aroma terapi dari teh ini. Aroma yang dihasilkan dari teh bisa membangkitkan rasa tenang dan segar sehingga akan meningkatkan kreativitas, semangat, dan energi positif. Nah, untuk mengusir rasa lesu, aroma terapi teh ini dapat pula dikombinasikan dengan terapi lilin atau candle healing.

Ada cara yang lebih sederhana yaitu cukup dengan menggunakan ampas teh. Ampas teh ini dapat dipakai sebagai scrub untuk mencegah munculnya jerawat. Ampas teh yang mengandung polifenol juga dapat menghambat pembentukan lemak menjadi asam lemak. Dengan demikian, juga akan mencegah kandungan minyak yang berlebih dan mencegah iritasi.

Mungkin akan muncul rasa gatal saat memakai scrub ampas teh ini untuk pertama kalinya pada wajah yang berjerawat. Namun, hal ini adalah wajar sebab polifenol sedang bereaksi. Ada "pertempuran" antara polifenol dan bakteri.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.