Header Ads

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jeruk Nipis

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) merupakan buah berbentuk bulat kecil, berwarna hijau atau kuning yang biasanya digunakan sebagai penyedap beragam masakan. Namun, jeruk nipis juga dapat melangsingkan tubuh.

Ada banyak zat yang terkandung di dalam jeruk nipis, di antaranya adalah vitamin C, antioksidan, zat besi, fosfor, sulfur, kalsium, mineral, karbohidrat, lemak, protein, kalori, vitamin B1, asam askorbat, asam, sitrun, glikosida, minyak atsiri, asam amino, dan asam sitrat.

Kandungan sulfur atau belerang yang ada pada jeruk ini, membuatnya bersifat membunuh bakteri, bersifat astringent sehingga dapat mengecilkan pori-pori, serta antiinflamasinya kuat sekali.

Astringent ini di dalam usus akan mengecilkan pori-pori atau fili-fili. Penyerapan akan terjadi di dalam usus halus. Contohnya, bila seseorang makan karbohidrat, maka tidak cuma dicerna di mulut. Karbohidrat akan masuk ke lambung, kemudian masuk ke usus halus. Sesudah itu, dicerna sampai usus 12 jari memecah karbohidrat menjadi dua ikatan, baru selanjutnya masuk usus halus.

Di usus halus tersebut, astringent dari jeruk nipis ini akan membuat pori-pori mengerut atau mengecil sehingga penyerapan makanan menjadi lebih sedikit, dan mempersingkat perjalanan makanan menjadi feses.

Sedangkan kandungan saponin di dalam jeruk nipis dapat membersihkan yang ada di dalam tubuh akan bekerja seperti lipase atau empedu. Saponin di dalam tubuh ini akan mengecilkan lemak.

Jeruk nipis dibilang berguna untuk melarutkan lemak. Jeruk nipis dapat dicampurkan dalam teh. Sebaiknya, teh tidak dicampurkan gula dan diminum pada pagi hari dan sore hari setelah makan.

Minum teh pahit dengan jeruk nipis dibilang dapat melancarkan pencernaan. Tetapi, sebaiknya penderita maag berhati-hati saat minum jeruk nipis. Minum teh pahit dengan jeruk nipis sebelum makan nasi dikhawatirkan dapat membuat perut penderita maag menjadi perih dan melilit.

Saat minum teh dengan jeruk nipis, seseorang dapat melihat hasilnya dalam hitungan satu sampai dua minggu, yakni berat badan nampak turun 2 - 3 kg. Jika sudah mendapatkan berat badan yang ideal, maka dianjurkan untuk menghentikan minum teh dengan jeruk nipis.

Kelebihan berat badan memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang, khususnya kaum wanita. Ya, mempunyai tubuh ideal memang menjadi salah satu impian wanita yang bahkan untuk memiliki badan yang ideal mereka rela melakukan apa saja, bahkan sampai melakukan diet ketat, yang jika dilakukan bukannya membuat sehat, tetapi malah dapat menyebabkan sakit.

Dalam melakukan diet, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan mulai dari asupan makanan, jam makan, hingga nilai gizi yang harus dipenuhi setiap harinya.

Untuk memperoleh tubuh yang ideal tidaklah cukup hanya dengan sekedar diet, melainkan juga harus benar dalam pelaksanaannya.

Semua hal tentang tentang diet dibahas lengkap dalam Panduan Diet Cerdas.

Untuk info lengkap tentang Diet Cerdas, Anda dapat lihat di :
>> http://bit.ly/caradietcerdas

Bila Anda ingin memiliki tubuh ideal dan ingin mengurangi lemak, Anda bisa Klik link tersebut. Namun, jika Anda sudah puas dengan berat badan Anda saat ini, maka Anda tidak perlu mengunjungi link tersebut :).

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.