Header Ads

Cara Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Cara Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Sinar Matahari
Sinar matahari pagi, yaitu antara pukul 06:00 hingga 09:00 adalah baik untuk kulit karena mengandung pro vitamin D. Namun, pada siang hari, cuma beberapa detik saja kulit terpapar sinar matahari, maka efeknya bisa luar biasa.

Menurut para ahli kecantikan kulit, sinar matahari sekarang ini berbahaya sekali karena mengandung sinar ultraviolet (UV) 11 plus. Hal ini merupakan faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah terlihat tampak lebih tua dari umur sebenarnya. Bisa juga menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Kulit Sobat akan memerah kehitaman bila Sobat terpapar sinar matahari di pantai pada siang hari selam satu jam saja. Sinar UV merupakan pemicu pigmentasi dan efek penuaan dini.

Di samping sinar UV, sinar gelombang ultraviolet panjang (UVA) di Indonesia juga tinggi sehingga radiasi dari sinar ini bisa menembus kaca jendela. Hal inilah yang menjadi faktor  penyebab wajah keriput dini dan kulit pada kelopak mata menjadi tebal.

Nah, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyegat, gunakan baju yang menutupi kulit seperti menggunakan baju tangan panjang dan celana panjang. Lalu, pakailah topi, payung, dan kaca mata.

Sementara untuk wajah, bisa memakai tabir surya dengan Sun Protection Factor (SPF) 15. Tabir surya ini digunakan dua jam sekali. Tabir surya ada yang tahan air dan ada yang tidak. Tabir surya mempunyai SPF antara 15 hingga 30. Standar SPF di Indonesia adalah 15. Selain itu, Sobat juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum air putih, dan makan buah-buah serta sayur-sayuran.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.