Header Ads

Cara Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit dengan Kentang

Cara Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit dengan Kentang

Kentang
Kentang adalah sayuran yang mempunyai nama latin Solanum tuberosum L. Kentang ini termasuk golongan tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang dan bisa dikonsumsi. Kentang berasal dari wilayah Amerika Selatan dan masuk ke Indonesia melalui daerah Cimahi, Jawa Barat.

Biasanya, kentang sering dijadikan makanan pengganti nasi bagi mereka yang melakukan diet. Namun, kentang juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Nah, bagi wanita yang ingin mencerahkan dan menghaluskan kulit dapat mencoba melakukan perawatan dengan memakai kentang ini.

Kentang mengandung zat-zat yang berhubungan dengan perawatan kulit, seperti vitamin C, zinc, asam folat, kalium, potasium, fitonurien, ceratonoid, dan flavonoid. Zat-zat ini dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kentang bisa membuat kulit menjadi lebih cerah, halus, dan juga sehat.

Banyaknya antioksidan ytang terkandung pada kentang bisa mencegah kerusakan sel. Jadi, kulit menjadi lebih sehat dan terlindung dari paparan ultraviolet (UV) sinar matahari sehingga bisa mencerahkan dan menghilangkan bekas jerawat.

Selain itu, kandungan mineral, kalium, fosfor, vitamin B, C, dan D dalam kentang bisa meregenerasi sel darah di dalam tubuh. Bila proses regenerasi sel darah di dalam tubuh berlangsung dengan baik, maka kulit akan menjadi sehat, tidak kusam dan kasar.

Lalu, bagaimana cara mengonsumsi kentang untuk mendapatkan kulit halus dan cerah ini?

Sebaiknya mengonsumsi kentang dalam kondisi yang telah matang dengan cara dikukus. Kupas kentang telebih dahulu, lalu dicuci hingga bersih. Baru setelah itu kentang dikukus. Kentang dikonsumsi setelah cukup matang. Agar kandungan vitmain di dalam kentang tidak hilang, jangan mengukus kentang sampai terlalu matang.

Dalam mengonsumsi kentang ini hendaknya jangan berlebihan atau secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan. Paling tidak 2 - 3 butir dalam sehari. Mengonsumsi kentang ini bisa dikombinasikan dengan menu sayur-sayuran yang lain.

Di samping itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dapat didukung dengan memakai kentang secara langsung ke kulit. Caranya, kentang yang sudah dicuci bersih, kemudian diblender sebentar, lalu ditambahkan air sedikit. Sesudah itu, usapkan ke seluruh bagian kulit wajah atau bagian tubuh lainnya. Fungsi dari mengoleskan kentang ini adalah sebagai scrub yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Lakukan hal ini setiap hari selama kulit tidak alergi atau menimbulkan iritasi. Kulit akan lebih cerah dan halus. Hasil akan lebih maksimal dengan dibantu konsumsi dan menggunakan kentang secara langsung ke kulit.

Mengonsumsi sayur-sayuran seperti kentang tidak berarti akan langsung berefek kulit menjadi cerah dan halus ketika itu juga. Hal ini tentunya memerlukan proses dari dalam tubuh. Sebaiknya tetap melakukan perawatan dari luar tubuh. Perawatan dari luar tubuh yang bisa dilakukan secara sederhana adalah dengan menjaga kebersihan kulit.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.