Header Ads

Inilah Tahapan Keramas yang Tepat

Inilah Tahapan Keramas yang Tepat

Sisir Rambut
Keramas adalah langkah awal untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Keramas dilakukan dengan mencuci rambut dan memakai sampo atau produk pembersih tertentu yang dipilih.

Ada beberapa langkah keramas yang harus dilakukan, baik sebelum melakukan keramas maupun setelah keramas. Jika cara keramas tidak dilakukan dengan cara yang benar dan tepat, maka akan menimbulkan gejala awal kerusakan rambut, seperti rontok, kering, dan rambut akan nampak kusam.

Berikut ini adalah adalah tahapan keramas yang tepat.

1. Menyisir Rambut

Sebelum membasahi rambut dan menuangkan sampo, sebaiknya menyisir rambut terlebih dahulu supaya kotoran seperti debu bisa keluar dan agar rambut terurai serta tidak kusut.

2. Membasahi Rambut

Langkah berikutnya adalah membasahi rambut secara sempurna hingga masuk ke bagian kulit kepala. Rambut yang panjang harus benar-benar basah supaya sampo dapat meresap ke dalam rambut dan kulit kepala secara sempurna.

3. Gunakan Sampo yang Tepat

Pilih sampo yang sesuai dengan jenis dan karakter rambut supaya tidak memunculkan kerusakan rambut. Tuangkan sampo pada tangan terlebih dahulu, busakan sedikit kemudian usapkan ke semua bagian rambut, yaitu mulai dari atas sampai bawah atau dari bawah ke atas. Cara menuangkan sampo ini dilakukan secara bergantian agar terhindar dari masalah menipisnya rambut pada bagian atas kepala.

4. Lakukan Pijatan Lembut

Lakukan message kepala secara perlahan-lahan ketika keramas agar bisa melancarkan peredaran darah dan membersihkan minyak yang sering menjadi bakal ketombe. Jangan menggosok rambut atau kulit kepala karena akan menimbulkan kusutnya rambut, mudah patah, dan luka pada bagian kulit kepala.

5. Lamanya Keramas

Diamkan kurang lebih selama 2 - 3 menit ketika rambut penuh dengan busa sampo secara sempurna hingga ke bagian kulit kepala. Hal ini bertujuan supaya sampo dapat meresap dengan sempurna. Batu setelah itu, bilas dengan memakai air hingga bersih.

6. Ulangi Penggunaan Sampo

Alangkah lebih baik melakukan penggunaan sampo sampai dua kali bila Sista mempunyai waktu yang lama dan rambut dalam kondisi yang sangat kotor, lembab, dan lepek. Hal ini bertujuan agar pembersihan menjadi lebih sempurna. Tetapi, pemberian sampo yang ke-dua ini adalah lebih sedikit dari yang pertama.

7. Hindari Menyisir Rambut

Ketika selesai keramas, sebaiknya tidak menyisir rambut. Apalagi jika rambut masih dalam kondisi yang basah. Setelah rambut kering, sisirlah rambut Sista dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Baru setelah itu, memakai sisir yang bergigi tipis. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerontokan rambut dan munculnya masalah rambut mudah patah.

8. Mengeringkan Rambut

Hindari menggosok ketika mengeringkan rambut dengan memakai handuk kering. Lebih baik mengeringkan rambut secara alami yaitu dengan cara mengangin-anginkan rambut dengan memakai kipas angin. Nah, bila Sista menggunakan hairdryer, sebaiknya pilih suhu yang tidak terlalu panas. Suhu yang panas akan mengakibatkan rambut menjadi kusam dan kering.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.