Header Ads

Penyebab-penyebab Kulit Kepala Kering

Penyebab-penyebab Kulit Kepala Kering

Tahukah Anda apa yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering? Ada beberapa faktor penyebab kulit kepala menjadi kering, di antaranya adalah faktor genetik atau keturunan, faktor intrinsik atau faktor dari dalam, dan faktor ekstrinsik atau faktor dari luar.

1. Faktor Genetik

Contohnya adalah seseorang yang menderita penyakit bawaan yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi lemak di bawah kulit. Lemak kulit yang tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan asam amino yang bersifat sebagai antioksidan dam berfungsi menghilangkan penumpukan sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel-sel baru yang lebih halus dan sehat akan terganggu sehingga kulit kepala, rambut, dan wajah akan tampak kering.

2. Faktor Intrinsik

Seseorang yang bertambah umurnya akan membuat lapisan kulit kepalanya menjadi tidak utuh lagi secara perlahan-lahan. Selain itu, lapisan epidermis (lapisan kulit yang menahan air) akan kian tipis dan tak sanggup lagi menahan air. Keadaan ini diikuti pula dengan berkurangnya jaringan kolagen dan memperlambat metabolisme sel tubuh sehingga kulit kepala juga akan tampak semakin kering.

Kulit kepala kering juga dapat disebabkan oleh sedikitnya kelenjar minyak dan keringat. Seseorang yang mengalami masalah ini akan kulit kepalanya menjadi kering dan bersisik dengan mudah. Ada atau tidaknya peradangan atau penyakit kulit memengaruhi pula kelembapan kulit seseorang. Contohnya, penderita penyakit kulit kering xerosis yang cenderung kehilangan cairan kulit sehingga kulit dan tubuh mengalami dehidrasi.

3. Faktor Ekstrinsik

Kulit kepala kering dapat pula disebabkan oleh faktor ekstrinsik atau faktor dari luar seperti pengaruh negatif AC, suhu, paparan sinar matahari, dan kelembapan udara.

Keadaan kulit kepala yang kering dapat menyebabkan rambut tampak kering pula. Mengapa hal ini terjadi? Sebab akar rambut yang tertanam di kulit kepala tidak mendapatkan asupan mineral yang bisa melembapkan rambut. Kulit kepala yang kering akan membuat kulit menjadi kasar, retak-retak sehingga muncul rasa gatal, kerutan, iritasi, sampai terkelupas.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.