Header Ads

Penyebab Kerutan di Wajah

Penyebab Kerutan di Wajah

Proses penuaan merupakan proses yang berkaitan dengan usia seseorang di mana akan terjadi perubahan atau berkurangnya fungsi organ tubuh sesuai dengan bertambahnya umur. Tanda-tanda penuaan yang akan dialami oleh wanita di antaranya adalah timbul flek hitam, kulit kering, dan kerutan.

Otot-otot wajah yang bekerja secara terus-menerus, lama-lama akan mengendur dan akhirnya dapat memunculkan kerutan. Selain karena faktor umur, kerutan dapat pula muncul karena ekspresi yang terjadi pada wajah. Oleh karena itu, masalah kerutan terbagi menjadi dua kelompok yaitu fine line dan deep wrinkle.

Fine line merupakan kerutan yang disebabkan oleh ekspresi dan bersifat sementara. Sedangkan deep wrinkle adalah kerutan yang terjadi karena faktor penuaan. Kerutan jenis ini akan langsung terlihat meskipun seseorang tidak sedang berekspresi. Tidak ada batasan umur pasti kapan kulit seseorang mulai berkerut karena munculnya kerutan pada seseorang adalah bersifat individual.

Seseorang yang mempunyai kelainan genetik di mana orang tersebut tidak mampu memperbaiki kerusakan kulit yang dialami meski dengan umur yang relatif masih muda, wajahnya mungkin saja menampakkan banyak kerutan sehingga terlihat seperti orang yang sudah lanjut usia.

Setelah memasuki usia 20 tahun dipercaya bahwa kinerja perbaikan sel-sel kulit telah mulai melambat. Oleh karena itu, perawatan kulit yang baik dan teratur sudah dilakukan sejak umur tersebut.

Ada dua faktor yang dapat menyebabkan kerutan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal di antaranya adalah hormonal, proses glikosilasi, sistem kekebalan tubuh yang menurun dan genetik. Sedangkan faktor eksternal yaitu polusi lingkungan, gaya hidup tidak sehat, sinar UV yang merusak, stres, dan makanan.

Banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak mempunyai gizi yang baik akan memengaruhi munculnya kerutan sejak dini. Banyak mengonsumsi karbohidrat tinggi, lemak tinggi, dan kolesterol tinggi akan memengaruhi kesehatan kulit.

Bagian tubuh yang rentan sekali mengalami kerutan adalah wajah. Pasalnya, area ini lebih banyak terpapar sinar matahari sehingga kan mengalami kerusakan lebih cepat dan banyak. Area wajah yang banyak bergerak karena ekspresi atau kebiasaan seseorang akan membuat area tersebut lebih cepat berkerut. Misalnya, area di antara alis, dahi, sekitar mata, dan garis sekitar mulut.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.