Header Ads

Tips Mengatasi Rambut Lepek

Tips Mengatasi Rambut Lepek

Rambut yang sehat dan indah merupakan dambaan setiap wanita. Tetapi, tingginya tingkat polusi di lingkungan akan memengaruhi kondisi rambut. Rambut lepek atau berminyak merupakan salah satu masalah yang sering terjadi. Rambut lepek ini disebabkan oleh ketidakseimbangan di antara kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum.

Sebum adalah kandungan minyak yang melembabkan kulit kepala dan melindungi terhadap polusi. Tetapi, bila produksi sebum berlebihan, maka akan membuat rambut mengilap, berat, dan terasa lengket di kepala. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi rambut lepek.

Sampo Khusus
Gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak atau yang mengandung pH netral.

Jumlah Cukup
Gunakan sampo dalam jumlah yang cukup (tergantung ketebalan rambut). Jangan didiamkan terlalu lama. Semakin cepat dibilas, maka akan semakin baik.

Jangan Gunakan Sampo Bayi
Jangan menggunakan sampo bayi atau sampo untuk anak-anak. Sampo bayi atau sampo anak-anak mengandung minyak yang tidak sesuai untuk rambut remaja atau orang dewasa.

Gosok Kulit Kepala dengan Lembut
Jangan menggosok kulit kepala terlalu keras karena bisa menyebabkan produksi minyak meningkat ketika keramas.

Pijat Kulit Kepala dengan Lembut
Ketika keramas, sebaiknya pijat kulit kepala dengan lembut dan tidak terlalu lama sebelum mengaplikasikan sampo supaya kandungan sampo meresap dan membersihkan minyak yang berlebihan di kulit kepala dan akar rambut. Bilas dengan air dingin hingga akar rambut.

Jangan Gunakan Air Panas
Hindari menggunakan air panas ketika keramas.

Sisir Gading atau Plastik
Gunakan sisir gading atau plastik maupun kayu dengan gigi jarang.

Pengering Rambut
Jangan menggunakan pengering rambut terlalu dekat dengan akar rambut.

Hair Dryer
Ketika mengeringkan rambut, cukup ditekan-tekan saja hingga setengah kering dan biarkan kering secara alami. Jika ingin memakai hair dryer, gunakan temperatur yang rendah. Pegang dengan jarak 15 cm dari rambut Anda. Jangan biarkan hair dryer lebih dari 15 detik berada di area rambut yang sama.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.