Header Ads

Khasiat Sabun Mandi Bahan Alami

Khasiat Sabun Mandi Bahan Alami

Khasiat Sabun Mandi Bahan Alami
Sabun mandi pada dasarnya terdiri dari dua jenis yakni sabun klasik atau konvensional dan sabun sintetik. Sabun klasik terbuat dari lemak atau minyak nabati dan garam alkali. Sedangkan sabun sintetik terbuat dari bahan-bahan sintetik.

Salah satu perkembangan pada produk kecantikan adalah pembuatan sabun mandi dengan menggunakan bahan-bahan alami dan sedikit proses kimiawi untuk menghasilkan kulit lebih cerah dan lembut.

Beberapa bahan alami yang sering dijumpai dalam bahan sabun di antaranya adalah pepaya, susu kambing, dan beras Jepang. Bahan-bahan alami tersebut dapat menambah manfaat positif. Namun, bila digunakan berlebihan atau tidak sesuai dengan jenis kulit, maka akan memberikan hasil yang kurang baik.

Seperti diketahui bahwa tipe kulit masing-masing orang itu berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, penggunaan sabun bahan alami harus tetap diperhatikan apakah sesuai atau tidak dengan jenis kulit Anda.

Pepaya

Pepaya mengandung antioksidan, vitamin A, C, dan E serta betakaroten dan enzim papain yang bisa melembabkan, mencerahkan, mengenyalkan sekaligus memberikan efek halus pada kulit. Antioksidan bermanfaat untuk menghindari kerusakan kulit dan mampu mengikat radikal bebas, mengurangi pigmentasi kulit, memperbaiki kecerahan warna kulit dan mencegah kerutan. Vitamin A berguna untuk meningkatkan kolagen pada kulit. Sedangkan kolagen bermanfaat dalam menjaga kekenyalan kulit.

Susu Kambing

Kandungan alpha hydrxyl acetat dalam susu kambing memiliki kemampuan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit agar menjadi lebih cerah. Selain itu, juga untuk mengurangi kerutan dan membantu pembentukan stratum korneum (bagian kulit epidermis di bagian kulit terluar atau yang disebut kulit mati). Susu kambing memiliki pH yang mirip dengan pH kulit. Kandungan protein, lemak, zat besi, serta vitamin A, B, dan C mampu melembutkan dan juga melembabkan kulit.

Beras Jepang

Kandungan squalene oil dalam beras Jepang bisa melembabkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, vitamin C dan E yang terdapat di dalamnya juga bisa memberikan nutrisi pada kulit dan memiliki kemampuan antioksidan yang bisa menjadikan kulit lebih cerah.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.