Header Ads

Cara Perawatan Rambut yang Salah

Cara Perawatan Rambut yang Salah

Cara Perawatan Rambut yang Salah
Penopang rambut terdiri dari tiga tingkatan yaitu kutikula, korteks, dan medula. Kutikula terdiri atas keratin yang berfungsi sebagai pelindung terhadap kekeringan dan pengaruh dari luar. Korteks terdiri atas serabut polipeptida yang mengandung pigmen. Medula terdiri atas keratohialin badan lemak dan rongga mulut.

Nah, jika ketiga penopang rambut tersebut mengalami masalah, maka akan membuat kesehatan rambut terganggu sehingga membuat berkurangnya kekuatan rambut, rambut menjadi lebih rapuh dan mudah patah. Kalau sudah begini, kerontokan rambut akan datang menghampiri.

Disebut kerontokan rambut, bila seseorang setiap hari mengalami kehilangan rambut sekitar 120 helai. Kerontokan tersebut dapat terjadi secara setempat atau menyeluruh. Jika berlanjut, maka dalam waktu lama dapat menyebabkan kebotakan (alopesia).

Kerontokan dapat terjadi karena seseorang salah dalam merawat rambut. Semua perawatan rambut itu baik selama dilakukan secara benar dan sesuai dengan kebutuhan. Tetapi, jika salah merawat rambut, maka akan menyebabkan kerontokan.

Sebagai informasi, berikut ini beberapa cara perawatan rambut yang salah. Selamat menyimak!

Penggunaan Sampo dan Cara Keramas yang Salah
Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Biasanya, jenis rambut tertera di kemasan sampo. Penggunaan sampo yang tidak sesuai dengan kondisi rambut akan memicu kerontokan rambut. Ketidaktahuan cara menggunakan sampo ketika keramas juga akan mengakibatkan kerontokan rambut.

Jika ketika keramas, Anda tidak menyisir rambut terlebih dahulu, namun langsung menuangkan sampo di atas rambut tanpa menuangnya terlebih dahulu di tangan dan membuat sedikit busa, hal ini dapat memicu kerontokan rambut.

Terlebih lagi bila menggosok rambut keras saat keramas sehingga mengakibatkan kulit kepala mengalami iritasi. Bila hal ini dilakukan berulang-ulang, cara keramas seperti ini dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Membilas dengan Tidak Bersih
Masih adanya sisa sampo dan kondisioner pada kulit kepala akibat tidak bersihnya saat membilas sampo dan kondisioner yang menempel pada rambut, maka akan dapat menyebabkan ketombe. Nah, dengan semakin menumpuknya ketombe akan menyebabkan timbulnya jamur ketombe pada rambut sehingga akan mengundang kerontokan rambut.

Creambath dan Hairmask yang Terlalu Sering
Terlalu sering melakukan creambath dan hairmask hingga 2 - 3 hari sekali, akan membuat rambut menjadi mudah rapuh, rontok, dan patah. Tahapan massage yang dilakukan tidak benar saat creambath atau hairmask akan membuat rambut mudah rontok. Pemilihan produk creambath atau hairmask yang tidak sesuai juga dapat memicu kerontokan rambut.

Alat Pengering Rambut
Banyak orang yang mengeringkan rambut dengan hair dryer atau alat pengering rambut setelah keramas. Dalam menata rambut, biasanya menggunakan alat pelurus rambut (catok) atau pengeriting rambut (curly iron).

Bila alat-alat yang bersuhu panas tersebut digunakan terlalu sering atau setiap hari serta penggunaan suhu yang terlalu panas, maka dapat membuat rambut rusak dan rapuh yang berujung pada kerontokan rambut. Gunakanlah alat-alat tersebut dengan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu sering.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.