Header Ads

Penyebab Rambut Beruban dan Cara Menjaganya Agar Tetap Sehat

Penyebab Rambut Beruban dan Cara Menjaganya Agar Tetap Sehat

Gaya Rambut Wanita
Penyebab utama dari rambut beruban (graying) adalah penuaan atau aging. Setengah orang memiliki setidaknya 50% rambut uban dan nyaris semuanya memiliki rambut dengan gradasi warna menuju putih pada umur akhir tahun ke-50.

Kondisi tersebut disebabkan karena berkurangnya melanosit  pada folikel rambut. Pigmentasi rambut bergantung pada melanocytes stem cells dan diferensiasi sel di dalam folikel rambut. Ada banyak gen yang berperan di dalam proses ini. Hal berarti bahwa faktor keturunan mempunyai peranan dalam pigmentasi rambut.

Ada tiga bagian yang membentuk batang rambut, yakni kutikula, korteks, dan medulla. Pada bagian korteks terdapat melanin yang merupakan pigmen yang memberikan warna pada kulit, mata, dan rambut.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat di antaranya adalah dengan meminimalisasikan pemakaian bahan kimia, menghindari menyisir rambut dalam kondisi yang basah, mengeringkan rambut secara alami yaitu tanpa memakai alat pengering rambut, dan menggunakan deep conditioner seminggu sekali. Di samping itu, sebaiknya tidak berganti-ganti dalam pemakaian sampo.

Hal-hal seperti yang telah disebutkan di atas membantu sekali dalam melindungi dan menjaga rambut dari kerusakan seperti perubahan warna rambut, baik itu menjadi putih (uban) maupun menjadi merah.

Rambut akan tetap sehat bila dibarengi dengan perawatan rambut yang baik dalam sehari-harinya. Selain itu, juga menerapkan pola hidup sehat dan seimbang dengan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin dan zinc.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.