Header Ads

Tips Memilih Kosmetik Tahan Air

Tips Memilih Kosmetik Tahan Air

Jenis make-up waterproof atau kosmetik antiair menjadi pilihan populer bagi wanita aktif karena dianggap dapat meringankan tugas untuk memoles ulang riasan yang luntur setelah terkena air atau keringat.

Secara umum, kosmetik tahan air ini tidak berbeda dengan kosmetik biasa. Hanya saja, dalam kosmetik antiair ini ditambahkan bahan yang bersifat tahan air, contohnya polimer.

Di samping itu, biasanya kosmetik tahan air ini mengandung beragam minyak mineral dan wax yang berasal dari lemak tumbuhan atau hewan. Bahan-bahan tersebut mempunyai manfaat untuk meningkatkan efek tahan air kosmetik.

Formula antiair mudah dijumpai pada setiap jenis kosmetik seperti maskara, atau eye-liner, baik berbentuk cair maupun krim. Selain itu, ada pula kosmetik concealer, blush on (perona pipi), foundation, lipstik, dan lip gloss.

Maskara tahan air umumnya mengandung bahan silika atau silicone base. Bahan lain yang membuat kosmetik seperti maskara menjadi tahan air adalah bahan aktif isododecanne.

Untuk mengetahui apakah kosmetik tersebut tahan air atau tidak adalah dengan membaca label kemasannya. Kosmetik antiair umumnya mencantumkan label tahan air (waterproof) di kemasannya. Cara lainnya adalah dengan membaca label komposisi. Jika dijumpai bahan aktif seperti silika, silicone base atau isododecanne, maka kemungkinan besar kosmetik tersebut adalah tahan air.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih kosmetik tahan air.
  • Jika memakai lensa kontak, pastikan kosmetik mata yang digunakan aman untuk dipakai.
  • Untuk lip gloss tahan air, pastikan pilih jenis yang tidak mengeringkan bibir karena kebanyakan lip gloss tahan air membuat bibir menjadi kering.
  • Untuk foundation tahan air, pilih yang tetap terasa ringan dikulit. Sebaiknya pilih yang sudah mengandung tabir surya sehingga tidak perlu lagi dua produk yang berbeda.
  • Merupakan hal yang sangat penting dalam memilih pemersih kosmetik tahan air. Pemersih kosmetik tahan air yang baik akan membersihkan bahan yang berpotensi membuat kulit menjadi iritasi sehingga menjaga kulit tetap sehat dan bebas komedo atau jerawat.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.