Header Ads

Memakai Pelembab untuk Menjaga Kulit

Memakai Pelembab untuk Menjaga Kulit

Kulit merupakan organ tubuh terluas yang melindungi seluruh tubuh dan merupakan pertahanan pertama dalam melawan infeksi dan penyakit. Baik kulit yang tertutup pakaian maupun yang tidak, mempunyai fungsi yang sama. Oleh karena itu, kulit yang terlindungi baju juga membutuhkan pelembab.

Setiap 24 jam, seluruh kulit tubuh melepaskan sel-sel mati dan akan beregenerasi setiap 28 hari dengan kulit baru sehingga membuat kulit menjadi halus, lembut, dan sehat. Kulit yang tertutup pakaian juga harus dilindungi oleh pelembab karena seluruh kulit mengalami regenerasi dan tetap terekspos faktor-faktor yang bisa merusak kulit.

Faktor-faktor yang bisa merusak kulit di antaranya adalah sinar matahari, polusi, dan pengdingin udara. Faktor-faktor ini sulit dihindari sehingga perawatan kulit menjadi hal yang wajib supaya kulit tetap sehat dan cantik.

Jika kulit tidak dirawat, maka akan memperlambat proses regenerasi kulit sehingga membuat warna kulit menjadi tidak merata, kering, dan pecah-pecah yang bila mengalami gesekan seperti digaruk akan menimbulkan infeksi pada tubuh.

Penggunaan body lotion secara teratur dan merata akan membantu regenerasi kulit untuk mempertahankan elastisitas dan kesehatannya. Merawat kulit seluruh tubuh akan membuat kulit tetap lembab, halus, dan nyaman.

Regenerasi kulit akan membuat kulit menjadi baru sehingga kulit lebih cerah, muda, dan kenyal. Bila kulit kering, regenerasi kulit menjadi sulit dan lebih lama. Kulit yang mati tertumpuk menyebabkan kulit kering, tidak cerah, dan warna tidak merata.

Penggunaan body lotion disarankan dilakukan minimal dua kali sehari yaitu sesudah mandi dan sebelum tidur. Setelah mandi, kulit menjadi lembab oleh cairan. Untuk mempertahankan kelembaban, setelah dikeringkan dengan handuk, langsung diolesi pelembab supaya kelembabannya tetap terjaga dan tidak cepat menguap.

Bila lebih banyak terpapar AC atau sinar matahari, penggunaan pelembab dapat diulang supaya kulit tidak kering. Disarankan juga menggunakan body lotion sebelum tidur selain sehabis mandi. Ketika tidur kulit mengalami regenerasi dua kali lipat dibandingkan saat tidak tidur.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pelembab mempunyai kegunaan sebagai berikut.
  • Menjaga kelembutan kulit.
  • Memperbaiki regenerasi kulit.
  • Mengurangi gatal karena kering.
  • Menghaluskan permukaan kulit yang kering menjadi halus
  • Mempertahankan atau mengembalikan keseimbangan cairan.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.