Header Ads

Cara Mengatasi Ketombe dengan Kemiri dan Lidah Buaya

Cara Mengatasi Ketombe dengan Kemiri dan Lidah Buaya

Cara Mengatasi Ketombe dengan Kemiri dan Lidah Buaya
Dengan berbagai kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya bahan-bahan alami yang semakin berkembang pesat, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi masalah ketombe. Di antara bahan alami yang dimaksud adalah kemiri dan lidah buaya.

Sebelum Anda menggunakan kedua bahan alami ini, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu  kandungan yang terdapat dalam bahan alami tersebut serta kecocokannya dengan kulit kepala untuk menghindari efek samping atau alergi yang ditimbulkan.

Kemiri mengandung zat saponin, polifenol, dan flavonoida, serta protein yang terdiri atas asam amino esensial dan non-esensial, lemak, dan karbohidrat. Kemiri juga mengandung mineral seperti fosfor, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, tembaga, seng, dan selenium. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam kemiri tersebut bisa mencegah dan mengatasi ketombe.

Penggunaan kemiri dikombinasikan dengan lidah buaya. Lidah buaya mengandung protein, asam amino, mineral, serta vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Kandungan tersebut membuat lidah buaya baik untuk merawat rambut rusak serta mengatasi masalah rambut dan kulit kepala seperti ketombe.

Sebelum menggunakan kemiri dan lidah buaya, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips di bawah ini.
  • Cuci rambut dengan bersih menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala.
  • Pilih kemiri dan lidah buaya yang akan digunakan dengan tepat, segar, tidak busuk, dan mempunyai bau khas dari kedua bahan tersebut.
  • Cuci bersih sebelum digunakan. Keringkan dengan kain bersih kemudian gunakan wadah dan jangan yang terbuat dari bahan plastik.
  • Bilas rambut dengan bersih hingga tidak ada sisa kedua bahan tadi di kulit kepala.
  • Bila terjadi alergi, hentikan pemakaian supaya tidak menimbulkan iritasi atau peradangan di kulit kepala.

Cara pemanfaatannya yaitu kemiri dibakar dan dihaluskan. Sedangkan lidah buaya direbus hingga lunak dan tunggu sampai air menyusut. Dinginkan sejenak kemudian campur dan gunakan sebagai perawatan setelah keramas. Lakukan 3 kali seminggu hingga ketombe hilang.

Selain itu, Anda juga bisa mengerok daging daun lidah buaya kemudian dioleskan ke rambut seperti creambath atau dimasker selama kurang lebih 30 menit.

Hal yang paling penting dalam memilih lidah buaya adalah cuci sampai bersih lidah buaya karena kotoran yang masih melekat di daging daun lidah buaya akan menambah masalah ketombe di kepala.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.