Header Ads

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santan dan Minyak Kelapa

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santan dan Minyak Kelapa

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santan dan Minyak Kelapa
Santan kelapa merupakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, kalsium, serat, dan lemak omega 3. Kandungan vitamin E yang terdapat pada daging buah kelapa cukup tinggi sehingga baik untuk kulit atau kulit kepala yang mengalami masalah.

Biasanya, gatal-gatal yang terjadi pada kulit kepala disebabkan oleh adanya ketombe yang mengganggu. Hal seperti ini dapat diatasi dengan mengoleskan santan kelapa secara rutin.

Santan kelapa dicampur perasan jeruk nipis, daun mint yang dihaluskan, dan 1,5 gelas air kelapa. Kemudian diaduk secara merata. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap tiga hari sekali. Bilas dan bersihkan dengan sampo setiap kali melakukannya.

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk melemahkan dan merontokkan ketombe karena mengandung vitamin E dan asam lemak. Minyak kelapa asli akan meresap ke pori-pori kulit ketika dioleskan pada kulit kepala.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, pemakaiannya harus rutin dilakukan. Caranya, setelah keramas menggunakan minyak kelapa, diamkan setengah jam, baru keramas dan dibilas bersih.

Sebelum menggunakan bahan alami ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Cuci rambut dengan bersih menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala.
  • Pilih kelapa yang bagus dan tidak berbau untuk menghasilkan santan yang berkualitas. Santan jangan encer.
  • Cuci bersih sebelum digunakan. Keringkan dengan kain bersih kemudian gunakan wadah yang bukan terbuat dari bahan plastik.
  • Bilas rambut dengan bersih sampai tak ada sisa bahan-bahan herbal di kulit kepala.
  • Bila terjadi alergi, hentikan pemakaian agar tidak menimbulkan iritasi atau peradangan di kulit kepala.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.