Header Ads

Mengatur Pola Makan untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Mengatur Pola Makan untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Tumpeng Gizi Seimbang
Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan menjalani pola makan yang sehat. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengatur pola makan adalah jumlah, jenis, dan jadwal.

Jumlah
Makronutrien dan mikronutrien merupakan zat nutrisi yang diperlukan oleh setiap orang. Makronutrien adalah karbohidrat atau hidrat arang, lemak, dan protein. Sedangkan mikronutrien adalah mineral dan vitamin. Untuk ukuran yang seimbang adalah karbohidrat sebesar sekitar 50 - 60 persen, lemak 20 - 30 persen, dan protein sebesar 15 persen.

Jenis
Kita harus memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi bila ingin mempunyai tubuh ideal. Perhitungannya adalah karbohidarat sebanyak satu porsi, protein hewani dari telur, ayam, daging, dan ikan sebanyak satu porsi, serta protein nabati dari tahu dan tempe. Sementara untuk sayur-sayuran dan buah-buahan perharinya sebanyak lima porsi. Sayur-sayuran dikonsumsi ketika makan utama, sedangkan buah-buahan dikonsumsi sebagai selingan.

Karbohidrat, protein, dan mineral harus seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan dalam setiap waktu makan. Tetapi, setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Makanan yang harus dikonsumsi setiap hari di antaranya adalah air sebanyak 8 gelas, sumber karbohidrat seperti nasi atau bisa diganti dengan roti, mie, dan jagung, buah-buahan, protein nabati, protein hewani, serta minyak, gula dan garam.

Pemilihan makanan merupakan hal yang sangat penting untuk menurunkan berat badan. Tidak disarankan untuk memilih daging yang berlemak atau ayam yang berkulit. Dianjurkan untuk memperbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan kaya serat sehingga perut akan terasa kenyang.

Selain itu, cara pengolahan makanan juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Cara mengolah makanan yang teraman adalah dengan cara dikukus, direbus, dipepes atau di-steam.

Jadwal
Selain memerhatikan jumlah dan jenis dalam menjalani pola makan yang sehat guna mendapatkan tubuh yang ideal adalah dengan mengatur jadwal makan. Waktu makan ini sebaiknya teratur yakni tiga kali makan utama dan dua kali makan selingan dalam sehari.

Walaupun setiap orang mempunyai ukuran yang berbeda dan tidak dapat digeneralisasikan sebab tiap orang berbeda, tetapi dapat digambarkan bahwa setiap hari jadwal makan adalah sebagai berikut.
  • Sarapan: nasi satu centong, ayam, tempe atau tahu, dan sayur-sayuran.
  • Selingan pagi: buah-buahan atau kue yagn rendah kalori.
  • Makan siang: nasi, lauk-pauk, dan sayur-sayuran.
  • Selingan siang: buah-buahan.
  • Makan sore/malam: nasi, lauk-pauk, dan saur-sayuran.

Untuk makan malam sebaiknya dilakukan dua jam sebelum istirahat. Bila setelah makan malam Anda masih merasa lapar, maka sebaiknya konsumsi buah-buahan. Sebagai selingan, sebaiknya tidak memilih makanan yang berkalori tinggi seperi gorengan atau jeroan. Karbohidrat dapat diganti dengan mie, jagung, kentang atau roti.

Sebaiknya lakukan jadwal tersebut dengan sesuai dan sarapan disarankan sekali. Bila melewati sarapan, saat makan siang justru akan makan melebih porsi.

Kelebihan berat badan memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang, khususnya kaum wanita. Ya, mempunyai tubuh ideal memang menjadi salah satu impian wanita yang bahkan untuk memiliki badan yang ideal mereka rela melakukan apa saja, bahkan sampai melakukan diet ketat, yang jika dilakukan bukannya membuat sehat, tetapi malah dapat menyebabkan sakit.

Dalam melakukan diet, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan mulai dari asupan makanan, jam makan, hingga nilai gizi yang harus dipenuhi setiap harinya.

Untuk memperoleh tubuh yang ideal tidaklah cukup hanya dengan sekedar diet, melainkan juga harus benar dalam pelaksanaannya.

Semua hal tentang tentang diet dibahas lengkap dalam Panduan Diet Cerdas.

Untuk info lengkap tentang Diet Cerdas, Anda dapat lihat di :
>> http://bit.ly/caradietcerdas

Bila Anda ingin memiliki tubuh ideal dan ingin mengurangi lemak, Anda bisa Klik link tersebut. Namun, jika Anda sudah puas dengan berat badan Anda saat ini, maka Anda tidak perlu mengunjungi link tersebut :).

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.