Header Ads

Cara Mengetahui Indeks Massa Tubuh (IMT) Kriteria Asia Pasifik

Cara Mengetahui Indeks Massa Tubuh (IMT) Kriteria Asia Pasifik

Cara Mengetahui Indeks Massa Tubuh (IMT) Kriteria Asia Pasifik
Setiap wanita tentu menginginkan mempunyai tubuh yang ideal. Bentuk tubuh ideal identik dengan tubuh yang langsing. Memiliki tubuh ideal membuat penampilan tampak menjadi menarik. Hal ini berkebalikan dengan kegemukan atau obesitas yang tidak indah dipandang mata dan rentan terkena beragam penyakit.

Obesitas atau kegemukan ini berkaitan erat degan penyakit degeneratif seperti diabetes melitus (kencing manis), kolesterol (dislipidemia atau gangguan prolipid darah), penyakit kardiovaskular (coronary hearth disease-CHD), tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, osteoarthritis, penyakit kantung empedu, kanker (endometrial, payudara, prostat, dan usus besar), gangguan pernapasan (sleep apnea and respiratory problem), gangguan hormonal, susah hamil, dan menstruasi yang tidak teratur.

Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu indikator bahwa seseorang itu disebut mempunyai tubuh ideal sebelum mengatakan tubuh Anda tidak ideal atau tidak langsing. Nah, untuk mengetahui tubuh ideal adalah dengan mengetahui Indeks Massa Tubuh (IMT) kriteria Asia Pasifik. Hal ini berarti bahwa tubuh ideal orang Asia tidak dapat disamakan dengan orang-orang Eropa.

Rumus untuk menghitung IMT adalah IMT = BB/(TBxTB). BB adalah berat badan dengan satuan kilogram. Sedangkan TB merupakan tinggi badan yang diukur dalam satuan meter. Contohnya, untuk seseorang yang memiliki berat badan 54 kg dan tinggi badan 163 cm, maka perhitungan IMT adalah 54/(1,63x1,63)=20,3 yang berarti berat badannya termasuk kategori ideal.

Kategori IMT sendiri dibedakan menjadi sebagai berikut.
  • IMT < 18,5 termasuk kategori berat badan kurang. IMT 18,5 - 22,9 termasuk kategori berat badan normal.
  • IMT >= 23,0 termasuk kategori kelebihan berat badan.
  • IMT 23,0 - 24,9 termasuk kategori berisiko obesitas.
  • IMT 25,0 - 29,9 termasuk kategori obes I.
  • IMT >= 30,0 termasuk kategori obes II.

Kelebihan berat badan memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang, khususnya kaum wanita. Ya, mempunyai tubuh ideal memang menjadi salah satu impian wanita yang bahkan untuk memiliki badan yang ideal mereka rela melakukan apa saja, bahkan sampai melakukan diet ketat, yang jika dilakukan bukannya membuat sehat, tetapi malah dapat menyebabkan sakit.

Dalam melakukan diet, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan mulai dari asupan makanan, jam makan, hingga nilai gizi yang harus dipenuhi setiap harinya.

Untuk memperoleh tubuh yang ideal tidaklah cukup hanya dengan sekedar diet, melainkan juga harus benar dalam pelaksanaannya.

Semua hal tentang tentang diet dibahas lengkap dalam Panduan Diet Cerdas.

Untuk info lengkap tentang Diet Cerdas, Anda dapat lihat di :

Bila Anda ingin memiliki tubuh ideal dan ingin mengurangi lemak, Anda bisa Klik link tersebut. Namun, jika Anda sudah puas dengan berat badan Anda saat ini, maka Anda tidak perlu mengunjungi link tersebut :).

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.