Header Ads

Tanda-tanda Haid yang Tidak Normal

Tanda-tanda Haid yang Tidak Normal

Kalender Agenda
Jika siklus haid normal adalah 28 hari ditambah atau dikurangi 7 hari (21 - 35 hari), maka haid yang tidak normal adalah sebaiknya, yaitu bila haid didapatkan di luar siklus haid normal 28 hari ditambah atau dikurangi 7.

Contohnya, sebelum 21 hari sudah memperoleh haid lagi atau telah lewat 35 hari, tapi belum mendapatkan haid kembali, maka hal ini dapat dikatakan tidak normal.

Gangguan siklus haid yang terlalu singkat atau pendek kurang dari 21 hari disebut polymoenorrhea. Sedangkan siklus haid yang terlalu panjang di atas 35 hari atau 2 bulan disebut oligomenore.

Haid juga dibilang tidak normal bila haid kurang dari 3 hari dan lebih dari 10 hari. Bila kurang dari 2 hari, maka tidak dapat dikatakan sebagai haid. Sedangkan jika darah haid lebih dari 10 hari, maka terjadi pendarahan yang banyak.

Hal lain yang menandakan haid tidak normal adalah bila dalam sehari cuma memakai satu pembalut dan keluar darahnya sedikit atau hanya bercak, maka haidnya disebut tidak normal. Begitu juga bila mengganti pembalut sebanyak lima kali, maka dapat dikatakan pendarahannya banyak.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.