Header Ads

Cara Mengatasi Komedo di Wajah

Cara Mengatasi Komedo di Wajah

Komedo
Sumber gambar: www.doktercantik.com

Komedo merupakan bagian dari jerawat yang disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebih.

Biasanya kita suka tidak tahan untuk membersihkannya sendiri ketika kita sedang bercermin. Padahal, hal ini yang justru akan membuat peradangan.

Sebaiknya pemencetan jerawat dan sebum dilakukan dengan menggunakan alat yang steril dan dilaksanakan oleh dokter atau terapis di klinik kecantikan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya infeksi.

Untuk mengatasi komedo memang tidak gampang dan tidak instan, tetapi membutuhkan kesabaran. Berikut ini beberapa cara yang disarankan dalam membantu untuk mengatasi komedo.

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Sebaiknya mencuci wajah dengan sabun khusus dilakukan dua kali saja dalam sehari. Mencuci muka yang terlalu sering, terlebih bila memakai sabun wajah berbahan kimia keras, atau scrub, akan merusak kelembapan alami kulit dan jsutru akan mengiritasi kulit.

2. Menghindari Wajah dari Tangan dan Rambut

Menghindari banyak menyentuh wajah dengan tangan atau membiarkan rambut menutupi muka.

3. Makan Buah dan Sayur

Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, terutama yang mengandung vitamin A,C, E, dan zinc, yang baik bagi kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan berlemak tinggi dan mempunyai kandungan gula tinggi adalah kurang baik bagi kesehatan kulit.

4. Tidak Memencet Komedo

Jangan menusuk atau memencet komedo. Jika dilakukan hal tersebut, maka akan menyebabkan infeksi atau jaringan parut.

5. Memakai Lotion

Mencoba produk obat yang dijual bebas. Carilah lotion jerawat yang berbahan aktif benzoil peroksida atau asam salisilat untuk membantu mengeringkan minyak dan membantu pengelupasan sel kulit mati.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.