Header Ads

Tips Menurunkan Berat Badan

Tips Menurunkan Berat Badan

Tips Turunkan Berat Badan
Dalam menurunkan berat badan, sebenarnya yang dibuang tidak hanya lemak sebanyak-banyaknya dan mendapatkan berat badan sekecil-kecilnya. Dalam hal seperti ini banyak orang yang salah persepsi.

Yang harus dilakukan adalah mengembalikan berat badan menjadi ideal yaitu sesuainya antara berat badan dan tinggi badan. Cara mengukur berat badan ideal yaitu: {tinggi badan - 100} - {10% × (tinggi badan - 100)}. Tinggi badan dalam satuan sentimeter dan berat badan dalam kilogram.

Bila sedang menurunkan berat badan, sebaiknya kurangi asupan kalori sebesar 500 kalori dari total kebutuhan sehari-hari. Pola makan yang dianjurkan adalah pola makan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral (buah-buahan dan sayur-sayuran) yang dibutuhkan tubuh.

Makan juga sebaiknya diatur secara teratur tiga kali sehari yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Di antara waktu makan diselingi dengan 2 - 3 kali porsi kecil buah-buahan. Di samping itu, jangan melewatkan sarapan karena berperan penting dalam menjaga stamina hingga siang hari.

Sementara itu, untuk makan siang sebaiknya mengurangi porsi nasi dari satu porsi menjadi setengah porsi dengan lauk-pauk yang mengandung protein. Di antara waktu makan siang dan malam, selingi dengan makan buah-buahan seperti apel atau snack creakers rendah lemak yang dianjurkan oleh dokter.

Sedangkan untuk malam hari, porsi nasi lebih sedikit daripada makan siang dengan menu yang sama dengan makan siang, serta perbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

Program penurunan berat badan akan berhasil bila diimbangi dengan berolahraga seperti bersepeda, lari, jogging, dan aerobik yang cepat membakar lemak. Olahraga tersebut bisa membakar lemak dan kalori, meratakan perut dan memperbaiki mood, serta mengurangi risiko sakit jantung dan stroke.

Olahraga bersepeda dengan waktu kurang lebih 15 - 30 menit mampu membakar 297 kalori, sekaligus membuat tubuh lebih ramping, kaki lebih kencang, dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan senam aerobik merupakan gerakan latihan kardio yang menggerakkan seluruh anggota badan sehingga meningkatkan denyut jantung.

Kelebihan berat badan memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang, khususnya kaum wanita. Ya, mempunyai tubuh ideal memang menjadi salah satu impian wanita yang bahkan untuk memiliki badan yang ideal mereka rela melakukan apa saja, bahkan sampai melakukan diet ketat, yang jika dilakukan bukannya membuat sehat, tetapi malah dapat menyebabkan sakit.

Dalam melakukan diet, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan mulai dari asupan makanan, jam makan, hingga nilai gizi yang harus dipenuhi setiap harinya.

Untuk memperoleh tubuh yang ideal tidaklah cukup hanya dengan sekedar diet, melainkan juga harus benar dalam pelaksanaannya.

Semua hal tentang tentang diet dibahas lengkap dalam Panduan Diet Cerdas.

Untuk info lengkap tentang Diet Cerdas, Anda dapat lihat di :
>> http://bit.ly/caradietcerdas

Bila Anda ingin memiliki tubuh ideal dan ingin mengurangi lemak, Anda bisa Klik link tersebut. Namun, jika Anda sudah puas dengan berat badan Anda saat ini, maka Anda tidak perlu mengunjungi link tersebut :).

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.