Header Ads

Cara Mengatasi Ketombe dengan Buah Mengkudu

Cara Mengatasi Ketombe dengan Buah Mengkudu

Cara Atasi Ketombe dengan Mengkudu
Buah mengkudu atau dikenal juga dengan buah pace mengandung protein, mineral, dan vitamin yang cukup untuk memenuhi nutrisi tubuh. Selain itu, buah mengkudu mempunyai peran dalam memelihara dan mempertahankan kesehatan dan kebersihan kepala dari masalah ketombe.

Kandungan lain dari buah mengkudu adalah scopoletin yang berperan sebagai zat antiperadangan dan alergi. Mengkudu mempunyai kemampuan untuk mematikan kuman penyebab ketombe dan menggantinya dengan sel kulit baru.

Anda bisa menggunakan buah mengkudu yang diparut kemudian gunakan untuk mem-massage kulit kepala. Setelah digunakan, biarkan 5 - 10 menit atau sampai mengering kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan secara rutin 3 kali seminggu.

Mengingat penggunaan bahan alami ini bersifat natural, maka untuk hasil yang akan dicapai pun bertahap. Biasanya, hasil maksimal akan terlihat setelah 3 - 6 bulan pemakaian rutin selama kurang lebih 1 - 2 kali seminggu.

Dalam menggunakan bahan alami ini, pengelolaan harus dilakukan secara tepat dan bersih. Yang harus diperhatikan dari bahan tersebut adalah kebersihannya untuk menghindari sisa getah yang masih menempel.

Bila dalam 2 - 3 kali pemakaian, Anda merasakan kulit kepala menjadi lebih panas atau tidak nyaman, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Keadaan tersebut dapat terjadi karena efek samping yang ditimbulkan seperti iritasi atau alergi.

Ada beberapa tips khusus yang perlu diperhatikan sebelum Anda menggunakan buah mengkudu untuk mengatasi ketombe ini.

  • Cuci rambut dengan bersih menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala.
  • Pilih buah mengkudu yang tepat, segar, tidak busuk, dan mempunyai bau yang khas.
  • Cuci bersih sebelum digunakan. Keringkan dengan kain bersih kemudian gunakan wadah dan jangan yang terbuat dari bahan plastik.
  • Bilas rambut dengan bersih hingga tak ada sisa buah mengkudu di kulit kepala.
  • Bila terjadi alergi, hentikan pemakaian supaya tak menimbulkan iritasi atau peradangan di kulit kepala.

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.