Header Ads

Cara Sederhana Merawat Kuku

Cara Sederhana Merawat Kuku

Cara Sederhana Merawat Kuku
Kuku yang cantik pada perempuan tentu dapat memberikan nilai tambah dalam berpenampilan. Ada cara mudah merawat kuku agar terlihat indah, rapi, dan cantik. Nah, berikut tips-tips sederhana dalam merawat kuku.

# Memotong Kuku

Kuku yang terlalu panjang akan memberikan kesan tidak rapi dan tak terawat. Untuk jangan biarkan hal tersebut karena kuku yang panjang akan memudahkan  masuknya kuman-kuman penyakit ke dalam tubuh, terutama pada saat makan. Namun, jangan memotong kuku terlalu pendek karena bisa menyebabkan luka.

Dalam memotong kuku, pilihlah gunting kuku yang tajam supaya tak berulang-ulang. Jangan menarik kuku bila belum terpotong sempurna karena jika ditarik dapat melukai jari. Jari yang terluka memudahkan kuman penyakit masuk ke dalamnya. Gunting kuku hingga benar-benar kuku terpotong.

# Menjaga Kekuatan dan Kelembapan Kuku

Wanita mempunyai tekstur kuku yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai kuku bertekstur kuat, ada juga yang memiliki kuku rapuh dan mudah patah.

Kuku akan semakin rapuh jika terkena sabun atau deterjen atau sering berada dalam ruangan ber-AC. Supaya lebih lembap dan menjaga kekuatan kuku, oleskan pelembap atau hands cream pada kuku.

# Jangan Melakukan Pekerjaan Keras dengan Kuku

Membuka benda keras atau menggosok benda-benda keras menggunakan kuku bisa menyebabkan luka pada daerah sekitar kuku. Sebaiknya pada waktu mengerjakan pekerjaan ini gunakan benda-benda lain yang sesuai.

Kuku juga dapat rusak akibat sabun yang digunakan dalam kegiatan seperti mencuci pakaian, mencuci piring atau memeras kain pel. Terlalu sering kena air panas juga dapat merusak kuku. Untuk menghindarinya pakaian sarung tangan saat melakukan hal tersebut.

# Hindari Kebiasaan Menggigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku akan membuat bentuk kuku menjadi tidak sempurna. Hindarilah kebiasaan tersebut sejak dini. Selain itu, memasukkan kuku berulang-ulang ke dalam mulut akan membuat perpindahan bakteri dan virus dari kuk ke dalam perut.

# Membersihkan Kuku

Untuk membersihkan kuku bisa dilakukan dengan cara merendam kuku dalam air hangat yang dicampur dengan perasan air jeruk. Rendam tangan atau kaki selama ± 15 menit.

Air hangat bisa membuat kulit di sekitar kuku menjadi lebih lembab sehingga jemari kuku gampang dibersihkan. 

No comments

Theme images by MarsBars. Powered by Blogger.